Senin, 09 Januari 2023

                                         MENULISLAH SETIAP HARI DENGAN HATI


                                   Tulisanku 09 Januri 2023

             Resume ke-1 KBMN -28

             Tanggal : 9 Januari 2023

             Tema     : Menulis Setiap Hari Dengan Hati

             Narasumber : Dr.Wijaya Kusumah ,Mpd ([Om Jay )

             Moderator : Dail Ma'ruf , Mpd

 

             Bismillah ....dengan rasa senang mulai ku tulis resume  ke 1 ini .Om Jay menyampaika materi dengan jelas,dibagi 2 sesi .Pertama adalah sesi Penyampaian Materi , ke dua adalah sesi Tanya Jawab.Sang Moderator berkata : Semoga  semuanya bisa  menerbitkan buku solo. Akan ada 1000 guru punya buku sendiri. Aamin. Ya Alloh semoga  dikabulkan.

             Ada kata pepatah yang mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang .Pak doktor Om Jay  dengan nama lengkap  Dr Wijaya  kusumah, S.Pd, Mpd, lahir di Jakarta,28 Oktober 1972.lebih tua saya he he.

Om jay ,sejak tahun1992 berkarir sebagai pengajar  bidang study  TIK / INFORMATIKA di SMP Labschool Jakarta.beliau juga  penulis buku paket  TIK kelas 7,8,dan 9  bersama guru tim pengajar  TIK Labscool Jakarta.Lebihlenkapnya  bisa kita lihat biodata beliau  klik https://wijayalabs.com/about.atau di https://wijayalabs.blogspot.com.

             Kemarin Om jay kirim E-Book Buku-Menulislah setiap Hari lalu lihat apa yang terjadi? Buku itu sama dengan materi ini ? Apa kira kira Keajaiban dari Mantra Sakti Om jay dengan Judul materi dan judul Buku paling terkenal dari karya Om jay? bisa kita buka https://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-apa.html.juga kita baca  https://www.kompasiana.com/wijayalabs/63bae6b643a84b1ed729bd2/buatlah-buku-sebelum-mati.Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain adalah judul yang mengingatkan dan menohok.Mari kita baca tulisan Om Jay'' bila anda rabun membaca ,maka anda akan lumpuh menulis. Jadi biar tulisannya sehat tak lumpuh-wajib membaca setiap hari.

            Saya tak bisa komentar di Blog Om Jay karena belum pengalaman B.jujur saja saya baru ke 2 nulis di Blog.itupun di ajari oleh bunda Lilis kemudian Blog minta bantuan dibuatkan beliau Bp .semoga menjadi ladang amal bunda Lilis dan Bapak.

             Sang Moderator mengatakan kebanyakan orang tidak bisa menulis karena  malas membaca tulisan orang lain.Atau merasa tulisannya yang paling hebat.Padahal diatas langit ada langit.Kita harus melepaskan baju kesombongan kita.lurbiasa Sang Moderator adalah peserta KBMN 20 yang lulus tahun lalu,setelah nurut nasihat Om jay dan ikuti mantra sakti-menulis setiap hari alhamdulillah dalam 1tahun sudah punya 50 buku.

 Peserta yang lulus itu telah mempraktikkan ilmu menulis setiap hari dan mau belajar hal hal yang baru.Luar biasa-semoga di Grup KBMN 28 ini lulus semua,aamiin.Om Jay memulai tulisan dengan banyak membaca.Setelah itu baru mulai menulis,iya kadang kalo lagi tidak ada ide mau nulis apa?Saat baca tulisan teman dari 10-20 tulisan -muncul ide-saya mau nulis -Lato lato Pro dan Kontra.Ibarat dalam makan -Baca tulisan orang lain itu makan dan minum-lalu menulis adalah energi yang dihasilkannya.Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai.Misalnya Om Jay suka IT dan kuasai tentang IT- maka buku Om Jay tentang Pelajaran TIK jadi sangat mendalam dan manfaat.Dengan cara seperti itu maka menulis tersa mudah.Mana buku Om Jay tentang pelajar TIK yang Best Seller? Ada di penerbit Andi Yogyakarta. Yess-karena dari keseharian yang kita lakukan,semua itu dilakukan dari menulis setiap hari.Luar biasa.....Om jay memulai itu semua dari Blog pribadi.Kalau saya menulis dari NOL hanya tekat menulis diawali BISMILLAH.

Om jay memulai itu semua dari blog pribadi.Jadi apa saja yang bisa kita tuliskan agar bisa mudah menulis setiap hari Om Jay? Tahun 2007 Om Jay mulai kuliah S2 dan selesai tahun 2009.beliau tak pernah percaya bisa lulus secepat itu.itu semua karena punya blog pribadi di internet,semuanya gratis dan tidak bayar.Sampai sekarang masih aktif digunakan.Ada dalam buku blogger terkenal  .Sewaktu tahun 2007.OmJay bertemu dengan seorang blogger terkenal dan beliau adalah seorang Kepala Sekolah SMK. OM Jay mulai membuat blog sendiri di blogger.com. Siapa Om Jay? Tahun 2008 sekolah Om Jay kebakaran dan mulailah beliau memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran.Tulisan siswa di blognya menjelma menjadi buku  yuk kita ngeblog dan mendapatkan juara pertama lomba buku pengayaan Depdikbud dengan hadiah Rp.20.000.000.Beliau tak pernah mengira berkenalan dengan bapak Dedi Dwitagama di Pascasarjana membawa berkah. Om Jay menjadi tahu apa itu blog dan mendapat juara pertama lomba blog dari Pusat bahasa tahun 2009.Luar biasa Om Jay. 20juta? angka yang fantastis.Inikah buku yang bikin  Om jay juara 1 dengan hadiah 20 juta? Setelah aktif menulis di blog barulah OmJay membuat blog berbayar di https://wijayalabs.com dengan tagline menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.Beliau diundang ke istana negara oleh Bapak Presiden Jokowi. Jadi menulis setiap hari bukanlah ilmu yang susah untuk dipraktekkan ,kalau kita punya blog maka menulis setiap hari serasa indah ,tulisan tulisan kita di blog menjelma jadi buku bahkan dapat penghasilan tambahan dari menulis, wow penghasilan tambahan ? Jadi macam melakukan hobi tapi dibayar ,Om jay berkata seharusnya akses internet sudah ada di sekolah atau madrasah kita dan banyak guru menjadi blogger. luar biasa- memperjuangkan agar tiap sekolah dapat fasilitas internet gratis untuk menunjang KBM digital. Om Jay sekaligus menyampaikan bahwa pelajaran TIK malah dihapus diganti prakarya tahun 2013. presiden Jokowi kaget sekali sebab pergantian itu bukan dijalan beliau tapi  di jawa Presiden SBY.

Bagaimana saat ini -apakah pelajaran TIK sudah ada lagi? Di sekolah penggerak sudah ada dengan nama baru informatika. Alhamdulillah. Ternyata perjuangan mengembalikan TIK ke dalam kurikulum lewat tulisan itu dahsyat dan dapat menembus tembok istana negara. 

Saat anugrah guru inspiratif. Salam semangat dari ujung Lampung...,Saya ucapkan terimakasih kepada OmJay ,lantaran motivasi dan bimbingan beliau pada KBMN 17 saya berhasil menerbitkan sebuah buku untuk pertama kalinya dalam hidup saya,suatu kebahagiaan dan kebanggaan yang takterkira,sejak itu saya menulis dan menulis sesuai hobi saya, sehingga dalam 1 tahun saya berhasil menerbitkan 6 buku.Terakhir lantaran hobi saya menulis pantun, Best Practise saya tentang pantun membawa saya menjadi guru inspiratif indonesia tahun 2022,dan tanpa saya duga saya pun berjumpa bapak presiden Jokowi pada acara tersebut,sekali lagi terimakasih Om Jay atas inspirasi dan motivasinya untuk saya.

 Itulah mengapa Om Jay selalu mengajak guru untuk menulis dan menerbitkan buku sebab hasilnya sudah terlihat seperti ibu mujiatun dari Lampung dan ibu Ritawati dari Bali.

              Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika menulis dengan hati.Luar biasa -ada kata kunci-menulis harus dari hati-agar sampai ke hati. Menulislah dengan hatimu naka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu. Apa yang dimaksud menulis itu mudah dari yang dilihat-didengar-dan dialami?  Semua itu dituliskan dengan hati sehingga dapat bonus Gopay dari kompasiana.Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung.Makanya kisah nyata lebih disukai banayk orang daripada kisah fantasia.Menulis adalah hobi yang dibayar.

Menulis itu setiap hari itu harus ikhlas,hanay memberi tak harap kembali, bagi ilmu setiap hari bagi pengalaman kepada semua orang,hasilnya banyak orang yang mendoakan  Om Jay menjadi doktor,alhamdulillah,cita cita dan impian  kini tercapai .

              Selanjutnya masuk sesi ke 2 yaitu sesi tanay jawab. P1: Assalamualaikum Ririn Siti Maemunah -Bandung Barat-Apakah satu tulisan boleh disajikan dalam beberapa blog? jawaban dari Om Jay : boleh ,banyak tulisan Om Jay ada dibeberapa blog dan dibuat dengan judul yang beda isinya sama. intinya Materi dan tanay jawabnya mantul. Dan intisarinya ;jika mau sukses jadi penulis hebat--maka disiplinlah menulis stiap hari-maka kamu akan menemukan keajaiban apa yang akan terjadi-kumpulan tulisan itu bisa nmenjadi buku - kelemahan penulis pemula adalah malas baca sehingga tulisan garing .

Penutup akhir dari Materi Om Jay adalah menulislah setiap hari,tulis apa yang kita sukai dan kuasai di bog. Kemudian ditutup dengan membaca Hamdalah bersama,Alhamdulillah.

Terimakasih Om Jay dan Sang Moderator ,terimakasih juga kepada pembimbing saya bunda lilis dan Bapak yang membantu membuatkan blog sehingga saya bisa menulis di blog .maturnuwun sanget.Alhamdulillah Ya Alloh,semoga saya bisa  seperti beliau beliau yang hebat.Aamiin.

sekian ,Terimakasih.selesaimenulis  pas adzan subuh hari ini.semoga brkah dan Alloh SWT meridhoi,Aamiin.


                                     .

      


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


5 komentar:

                                                           WANITA BAIK ITU BERNAMA MERTUA                           Tepatnya Hari Sabtu ,Tan...