Rabu, 15 Februari 2023

 

 

                                        Judul             : Ayo Belajar Menyusun Buku Secara Sistematis

                                        Resume ke:   : 15 KBMN gelombang ke 28

                                        Hari /Tanggal: Jumat,10 Februari 2023

                                        Waktu            : Pukul 19.00- 21.00 WIB

                                        Tema             : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

                                        Narasumber  : Bpk Yulius Roma Patandean ,S.Pd

                                        Moderator     :  Ibu Arofiah Afifi, S.Pd.

                    Menulis

                    Menulis adalah sesuatu yang unik ,ketika baru mulai bingung mau nulis apa,. Ternyata menulis adalah sesuatu yang membuat ketagihan. Semua hal bisa jadi bahan tulisan. Apa yang dilihat, dirasakan, dibayangkan, dan bahkan dialami bisa dituliskan. Jika khawatir ide  hilang ,mari kita tulis ide di blog.

Tips menulis secara sistematis:

1. Menggunakan versi gratis aplikasi tambahan yang ada pada Ms Word, untuk referensi bisa kunjungi https://yout.ube /eePQwyHAcjw  .

2. Menggunakan aplikasi Zotero dan Mendeley   .adalah dua aplikasi yang paling banyak digunakan  oleh para akademisi. Mendeley merupakan sebuah tool aplikasi ( software ) yang digunakan untuk membantu para penulis ( Peneliti ) mengorganisasikan referensi.

3. Menggunakan metode CLBK yaitu:

   -  Cobalah, mencoba untuk mempraktikkan membuat settingan judul, bab hingga menyisihkan sumber tulisan menggunakan fasilitas  yang ada  di Ms Word. Jika masih ragu cobalah, dengan mencoba maka akan timbul rasa penasaran untuk menjalaninya.

    - Lakukan dengan segera,dalam menulis membutuhkan dorongan lebih. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran, penasaran apa yang akan  saya tulis,susun, dan terbitkan.

    - Budayakan, ketika menulis sudah menjadi budaya ,mak bersama dengan praktek menyusun dan meng -edit naskah akan menghasilkan sebuah karya tulisan sederhana. Tidak akan bisa tercapai dengan maksimal jika didorong oleh paksaan.Membudayakan menulis adalah Proses menuju karya.

    - Konsisten, adalah langkah pamungkas dalam teori menulis, menyusun, meng -edit naskah. Budaya menulis yang baik adalah ketika kita menjadi konsisten dalam mempraktekkannya.


Demikian resume ke 15 ini ,bismillah,semangat .Terimakasih.


                

                     

                     

`

Selasa, 14 Februari 2023

 

 

                                        Judul              : Konsep Menulis  Buku Non Fiksi

                                        Resume ke     : 14 KBMN gelombang 28

                                        Tema              : Konsep Buku Non Fiksi

                                        Hari / Tanggal: Rabu.8-Februari 2023

                                        Narasumber   : Ibu Musiin, M.Pd

                                        Moderator      : Ibu Yandri Novita Sari, S.Pd

                    Assalamualaikum wr wb. Bismillah. Pertemuan  ke 14,membuat buku nonfiksi .

Pengertian tulisan nonfiksi

- Adalah Karya tulis bersifat baku dan berdasarkan fakta. Tulisan yang memberikan informasi tentang fonemena aktual yang terjadi yang dapat dibuktikan sumber kebenarannya dengan empirik.

- suatu hal atau objek yang faktual.

- Obyektifitas yang tinggi yang berusaha menarik serta menggugah nalar pembaca.

- Bahasa  bersifat denatif

- Penjelasan berupa fakta / gagasan ( tabel, diagram,infografis  ).

Jenis -jenis tulisan nonfiksi:
- Biografi

- Esai

- Makalah

- Artikel

- Karya Tulis Ilmiyah

- Buku non fiksi

Pola penulisa buku nonfiksi ada 3 yakni:

1. Pola Herrarkis; ; Buku disusun berdasarkan tahapan dari mudah ke sulit atau dari sederhana ke rumit. Contoh: Buku Pelajaran.

2. Pola Prosedural; Buku disusun berdasarkan urutan proses, Contoh: Buku Panduan.

3. Pola Klaster: Buku disusun secara poin per poin atau butir per butir. Pola ini diterapkan pada buku- buku kumpulan tulisan atau kumpulan bab yang dalam hal ini antar bab.

Proses penulisan buku nonfiksi.

1. Pratulis :

-  Menentukan tema

- Menemukan ide

- Merencanakan jenis tulisan

- Mengumpulkan bahan tulisan

- Bertukar pikiran

- Menyusun daftar

- Meriset

- Membuat Mind Mapping 

- Menyusun kerangka

- Menulis Draf.

2. Menulis draf
Menuangkan tulisan ke tulisan dengan pronsip bebas, tidak mementingkan kesempurnaan tetapi lebih pada bagaimana ide dituliskan.

3. Merevisi Draf

Dapat melakukan proofreading sebelum menerbitkan tulisan dengan cara kunjungi link https://dithamzi.blogspot.com/2023/02/tulisan-juga-pengantin-kelas-belajar-html. Draf yang di revisi  bisa berupa: sistematika / struktur tulisan dan penyajian,serta memeriksa gambaran besar dan naskah.

4. Menyunting Naskah.

Apakah sudah sesuai dengan KBBI dan PUEBIpadahal: ejaan ,tata bahasa, diksi, data dan fakta,serta legalitas dan norma.

5. Menerbitkan.adalah langkah terakhir.

Demikian,Terimakasih ilmunya.

Waalaikumsalam wr wb.



 

 

                                        Judul                 : Ku dapat Ilmu Pantun

                                        Tema                 : Kaidah Pantun

                                        Resume KBMN Gelombang ke 28 Pertemuan ke 13

                                        Hari / Tanggal   : Senin,06-Februari 2023

                                        Pukul                 : 19.00-21.00 WIB

                                        Narasumber       : Bpk Miftahul Hadi, S.Pd

                                        Moderator          : Bpk Dail Ma'ruf, M.Pd

                    Bismillah. Mengikuti Pertemuan ke 13 aku dapat ilmu tentang pantun. Alhamdulillah. Lihat tautan beliau  di https://anyflip.com/wiirj/vdws/.

Pantun Tradisi Asli Indonesia

Indonesia kaya akan seni yang beraneka ragam, diantaranya adalah Pantun.Pantun diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya.Pantun adalah termasuk puisi lama yang terdiri dari empat baris atau rangkap, dua baris pertama disebut dengan pembayang atau sampiran, dan dua baris kedua disebut dengan maksud  atau isi ( Yunos ,1966; Bakar 2020 )

Ciri-ciri Pantun

- Satu bait terdiri atas empat baris.

- Satu baris terdiri atas empat sampai lima kata.

satu baris terdiri atas delapan sampai dua belas suku kata bersajak a-b-a-b.

- Baris pertama dan kedua disebut sampiran atau pembayang.

- Baris ketiga dan keempat diebut isi atau maksud.

Kegunaan Pantun:

- Komunikasi

- Sambutan dalam pidato.

- Menyatakan perasaan.

- lirik lagu.

- Perkenalan.

- Ceramah / Dakwah.

Fungsi Pantun

- sebagai alat pemelihara bahasa, sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir.

- Melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar.

- Secara sosial memiliki fungsi pergaulan yang kuat.

- Menunjukkan  kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain -main dengan kata.

- Secara umum peran sosial pantun adalah sebagai alat penguat adalah sebagai alat penguat   penyampaian    pesan.

Cara mudah menulis pantun:

- Memahami.

- Menguasai perbendaharaan kata.

  Menulis isi pantun.

- Menulis sampiran pantun .

tantangan membuat pantun dengan tema MERDEKA BELAJAR: 

                    Lampu hias pijar,  diruang lucu

                    sambal terasi,  tidak dikasih keju

                    Merdeka belajar,  mari kita pacu

                    Agar menjadi generasi,  Indonesia maju.

Demikian .Terimaksaih.

 

 

 

Jumat, 03 Februari 2023

 

 

                                         Judul             : Proofreading Sebelum Menerbitkan Buku.

                                        Resume         : Ke 12, KBMN 28  

                                        Penulis           : Umatun Nur Islamiyati

                                        Tema             : Proofreading Sebelum Menerbitkan Buku

                                        Hari ,Tanggal: Jumat,3 Februari 2023

                                        Narasumber  : Bp Susanto, S.Pd.

                                        Moderator     : Ibu Helwiyah, S.Pd, M.M

                    Proofreading adalah Proses peninjauan kembali sebuah teks dilihat dari aspek kebahasaan dan penulisannya. Tujuannya untuk cek kembali bahwa teks yang akan diserahkan betul. Proofreading adalah tahap terakhir dalam proses menulis . 

 Swasunting adalah proses menulis agar hasil dari catatan maksimal. Tahapan nya sebagai berikut: 

1. Endapkan tulisan

2. minta saran teman ,untuk dikoreksi.

3. Minta seorang Proofreading dalam penyusunan tulisan .

4. Manfaatkan internet ,contoh gunakan suatu aplikasi tools untuk mengurangi kesalahan yang timbul dari penataan kata yang salah ,ataupun adanya typo dalam penulisan.

Proofreading dilakukan belakang sehingga memaksimalkan inspirai didalam menulis 

Pantun dari Pak D

Berbaris-baris dahulu,

Memanjat didinding kemudian

Nulis-nulis saja dahulu

Lakukan proofreading belakangan.

Terimakasih ilmunya B Ssusanto, S.Pd. dan Ibu Helwiyah ,S.Pd, M.M.



 

 

                                        Judul           : Ayo Kelola Majalah Sekolah

                                        Resume       : KBMN Gelombang ke  28 Pertemuan ke 11

                                        Tema            : Mengelola Majalah Sekolah

                                        Narasumber  : Ibu Mutmainah, M.Pd

                                        Moderator    : Ibu Widya Setianingsih, S.Ag

                                        Hari /Tanggal: Rabu,1 Februari 2023

                     Majalah sekolah adalah: Majalah yang dikelola ,dan dibuat juga diedarkan dikalangan sekolah .Dari sekolah untuk sekolah.

Tantangan atau kendala dalam membuat majalah sekolah yaitu: SDM, Sumber dana, dukungan sekolah, dan dukungan stake holder.

Manfaat majalah sekolah:

- Sebagai sarana komunikasi sekolah

- Sebagai media komunikatif sekolah yang berisi berita-berita sekolah,informasi,pengetahuan, dan hiburan.

- Wadah kreativitas guru dan siswa dalam berkarya menulis,cerpen,puisi,menggambar dan lain -lain.

-Sarana publikasi sekolah di masyarakat.

- Menjadi kebanggaan sekolah.

Contoh susunan redaksi majalah yang dikelola ibu Widya di MI Khadijah Malang:

- Penasehat: Yayasan

- Penanggungjawab: Kepala Sekolah.

- Pimpinan Redaksi: pemimpin redaksi

- Editor

- Reporter.

- Fotografer.

- Layout.

- Bendahara.

Untuk keberhasilan dalam menerbitkan majalah sekolah perlu:

1. Buat nama yang unik,menarik,dan mudah diingat.

2.Tentukan artikel yang akan ditampilkan.

3.Mengajukan ISSBN / QCRBN.

4.Tentukan bahasa yang dipakai dalam majalah.

5. Cari tema dari hal yang lagi viral di masyarakat.

6. Cover dan layout menarik.

7. Pembiayaan.

8. Pupuk ilmu secara kontinyu.

9. Bina dan jaga kekompakan.

Kutipan Ibu Widya " Siapa yang berhenti berusaha ketika menghadapi kegagalan ,berarti dia telah gagal".

 Terimakasih ilmunya Ibu Widya juga Ibu Mutmainah. sangat bermanfaat. Maturnuwun.

 

 

 

                        


KIAT MENULIS CERITA FIKSI

Pertemuan ke-10

 

 

 

Malam ini materinya sederhana yaitu “Kiat Menulis Cerita Fiksi”. Dengan narasumber Pak Mazmo sapaan akrab Pak Sudomo, S.Pt. Kata Pak Mazmo, “Malam ini saya akan berbagi dengan menggunakan alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi Nyata. Mari kita simak bersama penjelasan dari alur MERDEKA di atas.

 

1. Mulai dari Diri. 

Pada alur ini, saya ingin kita bisa berbagi tentang pengalaman Bapak/Ibu dalam menulis cerita fiksi. Bapak/Ibu bisa mengirimkan cerita singkat terkait pengalaman. Bisa pengalaman mengalami kendala memulai menulis cerita fiksi. Bisa juga tantangan yang dihadapi saat menulis cerita fiksi. Bisa juga mungkin pengalaman telah menerbitkan buku fiksi. Silakan Bapak/Ibu ceritakan singkat ke nomor 088809405468. Waktunya sampai 19.30 WIB, ya. Bapak/Ibu tidak perlu ragu, ya. Tuliskan saja pengalaman terkait menulis fiksi. Jika memang belum pernah menulis fiksi, tidak apa-apa juga dituliskan belum pernah.

Pada kesempatan ini beberapa peserta menuliskan keluk kesahnya tentang menulis cerita fiksi, salah satu peserta bernama Alfiyah Hidayatun, menyampaiakan: “Menulis cerita fiksi, tak terlintas sedikitpun dibenak saya. Kalau membaca cerita fiksi, itu saya suka. Jaman saya usia SMP, uang jajan lebih sering saya gunakan untuk menyewa novel daripada jajan makanan. Tetapi untuk membuat sendiri cerita fiksi.. hhmm.. tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Belum pernah, tetapi sering menceritakan untuk selingan pelajaran di kelas, sesuai budaya lokal.”

Peserta paling aktif bertanya adalah Ibu Imro’atus Sholihah, dari kota Jombang, katanya: “Dalam menulis fiksi saya belum mempunyai pengalaman sama sekali. tapi saya sangat ingin bisa menulis fiksi pak dan disini saya masih bingung ide seperti apa yang bagus dalam menulis fiksi. dan masih bingung juga bagaimana cara membuat fiksi yang baik.”

Pak Mazmo memberikan tanggapan dan mengatakan: “Keren, Bu Alfiyah Hidayatun. Ini merupakan salah satu alasan menulis fiksi, menyembunyikan dan menyembuhkan luka”. Jawaban Pak Mazmo untuk Ibu Imro’atus Sholihah, dari kota Jombang, “Semangat belajar, Bu! InsyaAllah dengan niat dan komitmen kuat merupakan salah satu cara agar bisa menulis fiksi dengan baik”.

 

2. Eksplorasi Konsep

Pada alur ini, Bapak/Ibu saya persilakan mempelajari secara mandiri materi yang telah saya siapkan dalam bentuk cerita pendek. Bapak/Ibu bisa membaca dan membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih dalam lagi. Silakan membaca di tautan ini https://s.id/MateriSudomo Dengan perintah dari Mazmo, “Sisihkan waktu Bapak/Ibu untuk membaca selama maksimal 10 menit”.

Garis besar materi dari cerpen tersebut adalah alasan mengapa harus menulis cerita fiksi, syarat bisa menulis cerita fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi, dan tips menulis cerita fiksi.

Mazmo melanjutkan pembelajaran ini dengan menjelaskan tentang beberapa poin penting materi kita malam ini. Terutama untuk hal-hal yang mungkin baru bagi Bapak/Ibu, yaitu:

Fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Berikut adalah contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn. Ernest Hemingway. Jika diperhatikan, secuil kalimat itu memiliki maknanya luas dan dalam.

Flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist.

Selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat. Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia. Itu adalah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi.

 

3. Ruang Kolaborasi. Pada alur ini saya berikan beberapa kalimat, silakan Bapak/Ibu lanjutkan sendiri menjadi satu paragraf nanti di dalam resume, ya.

 

Tugas dalam resume!

Berikut ini adalah kalimat yang bisa Bapak/Ibu lanjutkan:

 

“Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat”.

Rasa takutku semakin memuncak, malam yang sunyi aku sendiri dalam rumah tanpa teman. Suami dan anak-anak pergi keluar malam minggu, malam panjang. Kebiasaan suami selalu memanjakan anak untuk bersenang-senang menikmati indahnya kota yang tak jauh dari tempat tinggalku.

Aku memilih tidak ikut karena ada beberapa pekerjaan sekolah yang harus aku selesaian. Agar pekerjaanku sebagai guru mata pelajaran selesai, dan minggu depan saya akan fokus pada penggumpulan nilai raport dari semua guru mata pejaran, untuk saya rekap menjadi nilai raport semester genap.

Konsentrasiku hilang seketika hilang, dengan hilangnya suara yang perlahan-lahan menjauh dariku. Dalam derasnya hujan malam ini dengan diikuti petir bersahutan membuatku ketakutan berada dalam rumah sendiri. Kapankan suami dan anak-anakku pulang?...

Suara yang tadi menghilang kini tiba-tiba mendekat, engkaukah itu anak-anakku bersama suami?, atau orang lain yang hendak menumpang berteduh di kegelapan malam ini. Semakin lama kian mendekat hatiku berguncang ketakutan. Tidak saya dengan suara anak-anaku dari luar sana.

Kebiasaan berteriak anak-anak memanggilku, itu adalah ciri bahwa rombongan itu keluargaku, tetapi ini lain. Ya Allah lindungilah aku dari mara bahaya malam ini. Lindungilah juga keluargaku di luar sana. Ya Allah tolonglah aku dalam malam dengan cuaca yang tak bersahabat ini.

Tiba-tiba pintu belakang terbuka dan suara kaki terseret beriringan masuk tanpa permisi, semakin mendekat dan aku semakin ketakutan. Tiba-tiba PLN padam semuanya gelap gulita. Aku semakin ketakutan, terdengar mereka masuk dan mendekat tanpa aku dapat melihatnya.

Ketika salah satu dari mereka memegang tubuhku, aku berteriak dan menjerit histeris takut yang sangat takut. Lalu aku di dekapnya, dengan erat. Ya Allah... apa yang terjadi pada diriku ini?. Semua lafadz dzikir saya ucapkan untuk membentengi diri agar aku terselamatkan dari marabahaya di malam ini.

Dalam diam dan menggigil kedinginan aku pasrah kepada Yang Maha Kuasa. Tiba-tiba PLN nyala dan semua jadi terang benderang. Dengan tawa yang membahagiakan mereka sambil membawa sepotong kue ulang tahun untukku mereka bahagia. Aku yang tadinya ketakutan, marah, jengkel beraduk jadi satu, ikut tertawa dan bahagia dengan kejadian malam ini.

Usiaku bertambah, tetapi nikmat hidupku berkurang. Semoga Allah berikan aku istiqomah dalam menjalani sisa hidupku sebagai guru dan ibu dari anak-anakku juga istri bagi belahan jiwaku. Dalam lamunan kecil usai kena prank suami dan anak-anakku, tak terasa meleleh air mata haru atas semua peristiwa syahdu malam ini.

Tugas dari Pak Mazmo telah saya selesaikan dengan segala daya dan upaya. Saya belum memiliki kepercayaan diri pada kisah fiksi yang saya tulisakan di atas. Semoga kisah belajar saya bersama Pak Mazmo memberikan inspirasi kepada sahabat literasi di seluruh Indonesia.

 

4. Demonstrasi Kontekstual. Pada alur ini silakan Bapak/Ibu menuliskan 5 tema yang paling Bapak/Ibu sukai dan kuasai. Bapak/Ibu boleh menuliskannya di notes HP atau docs atau di mana saja. (Bapak/Ibu boleh juga menambahkannya di dalam resume nantinya. Tidak dilarang juga, Bapak/Ibu hanya mengingatnya dalam pikiran, kok).

 

5. Elaborasi Pemahaman. Pada alur ini kita akan lebih melakukan tanya jawab. Silakan Bapak/Ibu mengirimkan pertanyaan terkait materi terutama menyangkut hal-hal yang ingin diperdalam lagi. Silakan kirim pertanyaan ke nomor 08880940xxxx

Untuk sementara saya serahkan kelas kembali kepada Mr Bams untuk tanya jawab. Silakan, Mr. Bams ������������.

Demikian kisah inspiratif belajar bersama KMBN angkatan ke-28 pada pertemuan kesepuluh ini saya jadikan dalam satu kisah di buku solo saya perdana. Semoga memberi inspirasi kepada sahabat semua dan bermanfaat bagi sahabat yang ingin belajar menulis pasti menjadi buku.

 

           

.